a. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan
belajar 2 ini
siswa
diharapkan dapat :
1) Memahami komponen perangkat
input
2) Menganalisis komponen perangkat
input
b. Uraian Materi
1. Perangkat Input
Perangkat input komputer
( perangkat masukan atau input devices)
adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan data - data
dan memberikan perintah pada
komputer untuk digunakan
pada proses lebih
lanjut. Beberapa perangkat
masukan tersebut adalah
:
a. Keyboard
Keyboard merupakan
unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan
data
dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi
memasukkan huruf, angka, karakter
khusus
serta sebagai
media
bagi user (pengguna) untuk
melakukan perintah-perintah lainnya yang
diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka
file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin
ketik yang diciptakan
dan dipatenkan
oleh Christopher Latham pada
tahun 1868, Dan pada
tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY,
pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International
Standar Organization).Jumlah tombol
pada keyboard ini berjumlah 104 tuts.Keyboard sekarang yang kita
kenal
memiliki beberapa jenis port, yaitu
port serial, ps2, usb dan wireless.
Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG

Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY,
yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada
mesin tik. Keyboard
QWERTY memiliki empat bagian
yaitu :
1. typewriter key
2. numeric key
3. function key
4. special function key.
b. Mouse
Mouse adalah salah
unit
masukan (input device).
Fungsi alat
ini adalah untuk perpindahan
pointer atau kursor secara cepat.Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem
operasi telah berbasiskan
GUI (Graphical
User Interface).sinyal- sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil
di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan.Saat ini
mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak
tombol
ini terletak ditengah. Istilah
penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila
mouse
berada
pada objek yang ditunjuk, tetapi
bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan
ini akan diabaikan. Selain itu terdapat
pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu
menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil
digeser. Drag ini akan
mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu
kali disebut dengan
klik kanan
(right click)Mouse terdiri dari beberapa
port
yaitu mouse serial, mouse
ps/2, usb dan
wireless.

c. Touchpad
Unit masukkan
ini
biasanya dapat kita temukan pada
laptop dan
notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari.Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai
pengganti mouse.Selain
touchpad adalah model unit
masukkan
yang
sejenis yaitu
pointing stick dan trackball.

d. Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi
dan
men-design gambar
dengan screen (monitor). Light pen memiliki
sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke
komputer yang
kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap
baris per detik.

e. Joy Stick
dan Games Paddle
Alat ini
biasa digunakan
pada permainan (games) komputer.
Joy
Stick
biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari
plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam
komputer.

f. Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini
adalah untuk membaca
suatu
kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical
yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk
angka-angka.Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku.Sekarang ini,
setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di
Indonesia untuk mengidentifikasi
produk yang dijualnya
dengan
barcode.

g. Scanner
Scanner adalah sebuah
alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy
atau menyalin gambar atau teks yang kemudian
disimpan
ke dalam memori
komputer.Dari
memori komputer selanjutnya, disimpan dalam
harddisk ataupun floppy disk.Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy
hasilnya dapat dilihat pada kertas
sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan
melalui monitor terlebih
dahulu sehingga kita dapat melakukan
perbaikan atau modifikasi dan
kemudian dapat disimpan
kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar
terdapat pula scan
yang biasa digunakan
untuk mendeteksi lembar
jawaban komputer. Scanner yang biasa
digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar
Jawaban Komputer)
pada
ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan
biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas
OCR
(Optical Character Recognition) untuk mengcopy
atau menyalin objek
dalam bentuk teks.
Saat ini
telah
dikembangkan
scanner dengan teknologi DMR (Digital
Mark
Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin
scanner untuk
koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti
formulir untuk pilihan sekolah.Dengan
DMR lembar jawaban
tidak harus dijawab menggunaan pensil 2 B, tapi dapat menggunakan alat
tulis lainnya seperti
pulpen dan spidol
serta dapat menggunakan
kertas biasa.

h. Camera Digital
Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer
mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas
gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan
scanner. Ketajaman
gambar dari kamera digital
ini
ditentukan oleh
pixel-nya.Kemudahan dan kepraktisan alat ini
sangat membantu
banyak kegiatan dan pekerjaan.Kamera digital tidak memerlukan
film
sebagaimana
kamera biasa. Gambar yang diambil dengan
kamera digital disimpan ke dalam memori
kamera tersebut dalam bentuk file,
kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke
komputer. Kamera
digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil
gambar statis sampai
dengan
kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.

i. Mikrofon
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau
memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk
mendengarkan suara.

j. Graphics Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan
bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan
Graphics Pads.
Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang
digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan
ke pad
atau
dengan memakai bantalan tegangan
rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan
membrane
sensitif
sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan
rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X
– Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch
sensitive
pad) tanpa menggunakan jarum. Cara
kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.

c. Rangkuman
Perangkat input komputer ( perangkat masukan atau input devices) adalah
perangkat
yang
digunakan untuk memasukkan data - data dan memberikan perintah pada
komputer untuk digunakan pada proses lebih lanjut. Contoh alat yang berfungsi
senagai media input diantaranya keyboard, mouse, mikrofon,joystick,
dll
d. Tugas : Mengamati Ragam Arsitektur Sistem
Operasi.
Sebelum mengerjakan tugas, buatlah kelompok terdiri atas 2-3
orang. Dalam kegiatan ini peserta didik akan mengamati berbagai ragam media input. Masing-
masing
kelompok membuat ringkasan materi tentang ragam media input.
Kemudian secara
bergantian masing-masing kelompok mempresentasikan
hasilnya didepan
kelas.
|
1.2. Berdasarkan sumber bacaan dari uraian materi atau sumber lain (internet), Buatlah
ringkasan materi berbagai ragam media input. Uraian ditulis menggunakan software pengolah presentasi. Topik
yang di tulis meliputi 1) nama alat, 2) fungsi alat, 3) jenis alat, 4)
teknologi terbaru dari
alat
tersebut
1.3. Presentasikan hasil ringkasan di depan kelas.

Posting Komentar